Rabu, 06 Juli 2011

MENGAPA BISNIS AVAIL LAYAK DIJALANKAN


“ Bisnis avail mudah….. ini penting dijelaskan karena ada yang punya persepsi bisnis avail sulit… maka jadilah sulit…


Bisnis avail memang dipasarkan secara multi level … tetapi tunggu dulu, mungkinketika mendengar kata MLM yang terbayangkan tutup point , barang menumpuk lalu akhirnya anda berhenti kerena terpaksa menggunakan barang sendiri sampai habis.

Ada Rambu-rambu yang perlu dicermati untuk dapat menjalankan bisnis apapun sehingga kita sukses menjalankannya. Ini terkait dengan berbagai Faktor ( Bauran pemasaran ) antara lain terkait dengan Fator : Pasar(Market) , Product , Price , Promotion , dan Competitor sekarang mari kita lihat satu-persatu sehing kita dapat menilai apakah bisnis avail tidak layak, layak atau sangat layak dijalankan...... secara Objective… Ini sangat penting agar supaya bisnis dijalankan sebatas modal emosi sesaaat, berteriak ketika meeting/pertemuan , ketika pulang kerumah anda bingung bagaimana caranya agar supaya bisnis ini running atau katakanlah ada pendapatan yang memadai perbulan sehingga jerih payah terbayarkan.

A. Aspek (Market)
1. Konsumen Primer : Wanita, disetiap rumah ada wanita maka berarti ketika anda keluar rumah lalau anda lihat kiri, kanan depan maka itulah sebagian orang yang membutuhkan produk anda, kenapa dikatakan butuh ? karena sebenarnya hampir setiap wanita memiliki masalah terkait dari masalah keputihan ( lender keputihan yang banak, kekuningan , hijau dan sedikit kebiruan munkin indikasi penyakit kanker) , gatal-gatal, panas, sakit ketika haid( pegal, kembung, sembelit , pusing) sampai kepada kista myom. Tetapi masalahnya selama ini selalau dinaggap semua itu masalah wanita, jarang ibu-ibu yang mengeluhkan pada keluarganya atau suaminya kecuali jika sudah parah sekali …. Padahal mereka ingin sekali jika masalah-masalah itu teratasi … tetapi tak tahu solusinya…. Perlu diketahui bahwa masalah haid dengan keluarnya arah kotor adalah fitrah tetapi apabila rasa sakit yang mengirinya berarti ada masalah… !!! . Bahkan wanita menopause sekalipun akan merasakan manfaatnya.
Konsumen Sekunder : Laki , anak-anak, karena mereka akan membutuhkan semisal keluhan masuk angin , kembung perut, mencret, prostat, pegal pinggang dll ( ini karena pembalut ini multi fungsi).

2. Pembalut sebagai keputuhan primer ??? . bisa ya bisa tidak ?
Sekarang jika ada yang sedang haid, kan tidak mungkin ditunda dulu, maka kebutuhan pembalut adalah keniscayaan. Lalu orang bersabgkkutan telah merasakan nyaman dan amannya avail.. maka tentu avail menjadi kebutuhan pokok periodik ? setuju ? . Nah inilah yang dimaksud repeat order dan ingat Bisnis Repeat Order layak untuk dipertimbangkan.

3. Market psikologis.
Apapun istilahnya maksudnya begini. Bagi wanita produk ini merupakan produk yang berkaitan dengan rahasia wanita , kalu membicarakan keluhan seputar masalah rahasia wanita biasanya hanya kepada orang-orang tertentu saja. Karena mungkin rasa malu, minder, atau takut ketahuan sama orang lain.. dll . Karena itu ketika presentasi avail kebanyakan ibu-ibu pada diam (cicing =bhs sunda) sembari didalam hati mungin berkata ini masalah saya..... apalagi yang masih gadis ... pura-pura tidak butuh meskiun setiap datang bulan sakit perut, pegal, kembung, sampai ada istilah cuti haid...... ... Namun apabila diatara mereka ada yang memakai dan merasakan manfat dimana masalah mereka teratasi maka tak tahan kaum ibu suka sekali bicara sekurangnya kepada teman dekatnya tenatang manfaat avail... Nah inilah yang menyebabkan avail dipasarkan dari mulut-kemulut... Nah jika situasinya seperti ini terjadi tinggal anda ajak diantara mereka yang paling antusias sebagai agen dan tentunya dengan keuntugan yang lumayan.. apalagi jika dijalankan secara serius. Tanpa maksud menakuti sebnarnya tak ada wanita yang ingin terkena berbagai masalah diatas... apalagi jika terasa dengan memakai pembalut ini Mahkota lebih sehat , keluarga harmonis, dan suami berkomentar positif karena suami yang merasakan perbedaannya . Tentu wanita akan juga merasa bahagia..... dan suami betah dirumah seperti dulu masa awal-awal menikah ... tentu istri senang-sekali ... asalkan tentunya uang belanja keluarga amaaan..........

B. Aspek Pruduct .
1. Product berkhasiat
Alhamdulillah banyak yang merasakan khasiat product avail baik untuk pemakain utama ( pembalut wanita) atau untuk fungsi lainnya. Karena itu repeat order product ini tinggi . Bahkan untuk pemakian 10 menit pertama sudah dapat dirasakan sensasi perbedaannya.

2. Product multi fungsi
Sebagaimana disebutkan diatas, fungsi pembalut bukan hanya sekedar untuk wanita, maka permintaan untuk fungsi sekunderpun tinggi Seperti :
( Lihat Artikel : Cara pemakaian avail)
- Untuk koyok kembung/masuk angin, ditempel di bawah pusar.
- Untuk laki-laki prostat
- Ambaian / Wasir
- Pegal pinggang.
- Memar /bengkak.
- Kompres demam
- Pengelap muka
- Wash lap jika gatal-gatal badan.
- Rambut/Kepala berbau terutama yang paki ciput.
- Untuk laki-laki membatu kemampuan vitalitas.
- Infeksi kandung kemih.
Dll

3. Fungsi product yang tidak asing, tinggal mengalihkan pasar dari pembalut biasa ke Avail.
4. Produt bisa sebagai alat deteksi ganguan seputar reproduksi wanita bahkan bisa sebagai deteksi seperti ( Pap smear)
Pemakaian awal biasanya akan merasakan rasa hangat sampai panas untuk yang ada terkena infeksi jamur atau kuman
5. Product sudah Izin Depkes ( Bisa di Copy Click .. lalu save saja… )

C. PRICE
1. Harga terjagkau, tinggal menjelaskan kepada konsumen.... kenapa harga avail diatas harga pembalut konvensional.
- Bahan dari kapas.
- Memakai Herbal sehingga berfungsi terapi
- Memakai Teknologi Bio ( teknologi yang lazimnya digunakan pada produk kesehatan yang manfaatnya diataranya melancarkan sirkulasi darah)
- Multi fungsi
- Melewati uji Laboratorium ( Singapura dan Malaysia) … adakah produk pembalut lonvensional melakukan uji lab ¿
Jadi membandingkan avail dengan meek pembalut yang ada dipasaran konvensional kalu bleh dianalogikan mungkin antara pakai mobil volvo dengan Carry … Kenapa volvo mahal.. antara lain dari sisi safety (keamanan dan kenyamanan). Tetapi yang jelas pembalut biasa mungkin menjadi sumber masalah dan Avail ádalah solusi terhadap masalah Mahkota wanita ……. Jelaskan…..
Tetapi jangan dipaksa orang menerima pernyataan ini karena itu silakan pakai dahulu… , takut mahal,.. ya …coba dulu sebungkus, masih takut mahal coba petiliner Rp. 5000 / 3 lembar ….,jika tidak terasakan sama sekali perbedaanya gratis… uang kembali … … mudah bukan???
Dan InsyaAllah besok hari anda akan ditelpon… pak , bu kalau yang kemasan hijau ( maksudnya pentiliner ) masih ada?? ..
Persoalan diatas menjelaskan Entry Point ke konsumen lebih mudah.. bahkan jika anda mau sedikit berkorban diawal .. beri gratis juga bolehlah barang 3 lembar ... atau 1 bungkus kalau mau ..?????? tentu lihat-lihat prospek dulu ....

2. Discount untuk pembelian paket ( margin ritel lebih Besar)
Sehingga harga satuan jadi lebih murah ( Lihat Artiket Discount Avail).

3. Bisa dijual Konvensional /Ritel
Ini penting sekali dan saya garis bawahi...

Bersambung .........

1 komentar: